Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

Blogger templates

Jam

RSS

About

Tumbuhan Australia

Tumbuhan Australia

Diperkirakan ada 27.700 spesies tumbuhan di Australia, termasuk fosil hidup seperti palem sikas dan pohon rumput, serta bunga liar nan menakjubkan seperti waratah, bunga Sturt desert pea, banksia, dan bunga cakar kanguru.
Kami juga memiliki sekitar 2.800 spesies eukaliptus dan 1.000 spesies akasia, yang kami sebut "wattle". Wattle Emas merupakan puspa bangsa Australia. Hampir 80 persen hutan kami berupa hutan eukaliptus. Sisanya 20 persen berupa akasia, gelam, eru, callitris (pinus cemara), bakau, dan hutan hujan.
Hutan
Hutan

Hutan

Pohon tertinggi Australia dapat ditemukan di barat daya Australia Barat di "Lembah Raksasa". Pohon eukaliptus jarrah merah, karri, dan tuart raksasa yang hidup sampai 500 tahun dapat ditemukan di sini. Bibbulmun Track [www.bibbulmuntrack.org.au] sepanjang 1.000 kilometer melintasi berbagai jenis hutan pohon jarrah, marri, wandoo, karri dan tingle, serta lahan basah yang penting bagi dunia.
Di hutan hujan iklim sedang nan sejuk di hutan belantara Tasmania yang terdaftar sebagai Warisan Dunia terdapat beberapa pohon tertua di planet ini, termasuk pohon pinus Huon yang langka.
Cemara Wollemi yang berdiri megah merupakan peninggalan lanskap 200 juta tahun lalu, ketika Australia, Selandia Baru, dan Antartika masih bersatu sebagai superkontinen Gondwana. Spesies ini dianggap telah punah selama jutaan tahun, sampai ditemukan kembali oleh penjelajah hutan pada tahun 1994. Kurang dari 100 pohon yang ada di alam liar, tumbuh di ngarai hutan hujan yang dalam di Pegunungan Greater Blue.
Eukaliptus
Eukaliptus

Eukaliptus

Eukaliptus merupakan pohon yang paling sering dikaitkan dengan Australia. Tumbuhan ini ditemukan mulai dari daerah sub-alpin dan hutan pantai nan basah, hingga hutan iklim sedang dan daerah pedalaman yang kering. Pegunungan Greater Blue memiliki spesies pohon eukaliptus yang paling beragam di bumi. Bahkan, Pegunungan Blue mendapatkan namanya dari kilau biru minyak pohon itu yang menguap ke angkasa. Di Pegunungan Alpen Australia, eukaliptus salju berwarna perak dan merah tampak menonjol di tengah pemandangan penuh salju. Di Pegunungan Flinders Australia Selatan, eukaliptus-merah-sungai purba hidup di dasar sungai yang kering. Koala hanya memakan spesies eukaliptus tertentu.
Hutan hujan
Hutan hujan

Hutan hujan

Hutan hujan dulu menutupi sebagian besar bagian selatan superkontinen Gondwana, dan beberapa tanaman primitif yang ditemukan di hutan ini masih berhubungan dengan spesies yang tumbuh lebih dari 100 juta tahun lalu. Hutan hujan Australia terbentang di seluruh negara ini dan terdapat di setiap daerah iklim. Hutan Hujan Daintree di Queensland utara merupakan hutan hujan tropis tertua di bumi, berusia 135 juta tahun. Tiga belas jenis hutan hujan yang luar biasa dapat ditemukan di sini. Hutan Hujan Gondwana di Queensland tenggara dan New South Wales utara mencakup kawasan hutan hujan subtropis terluas di dunia serta hutan hujan iklim sedang yang dingin. Kantong-kantong hutan hujan kering tumbuh di wilayah Kimberley Australia Barat. Ada pula hutan hujan monsun di Taman Nasional Kakadu dan lurah berpakis lebat di Pegunungan Otway Victoria.
Lahan Rawa
Lahan Rawa

Lahan Rawa

Lahan rawa menarik banyak burung bermigrasi ke Taman Nasional Kakadu dan Cagar Alam Nadgee serta Taman Nasional Croajingolong yang terdaftar sebagai Cagar Biosfer Dunia UNESCO di Australia tenggara. Australia merupakan salah satu negara pertama yang menandatangani Konvensi Ramsar untuk Lahan Rawa yang Penting secara Internasional, dan Semenanjung Cobourg di Teritorial Utara dinyatakan sebagai situs Ramsar pertama di dunia pada tahun 1974. Australia sekarang memiliki 65 situs Ramsar di seluruh negeri ini yang meliputi wilayah sekitar 8 juta hektare.
Bunga liar
Bunga liar

Bunga liar

Bunga liar, termasuk kurulu (bunga aster abadi), mengubah padang rumput sabana dan daerah kering di Australia menjadi taman bunga pada musimnya. Mulai bulan Juni hingga September, lebih dari 12.000 spesies bunga liar bermekaran di seantero Australia Barat. Mulai akhir Agustus hingga medio Oktober lebih dari 100 varietas bunga liar dapat dilihat di Pulau Kangaroo di Australia Selatan, banyak yang unik hanya ada di pulau itu. Di Pegunungan Alpen Australia, padang rumput yang terdiri atas billy button kuning, stylidium pink, serta snow daisy warna perak dan putih meruak begitu salju mencair.
Flora unik Australia juga mencakup beberapa anggota famili Proteaceae: Banksia, Grevillea, dan Telopea (waratah). Sekitar 80 persen tumbuhan dan hampir semua spesies Proteaceae yang ada di Australia Barat barat-daya tidak ditemukan di tempat lain di dunia. Hutan kerangas sepanjang Great Ocean Road di Victoria merupakan salah satu tempat yang paling kaya anggrek di Australia.
Bunga liar merupakan spesies yang dilindungi di Australia, jadi jangan sampai tergoda untuk memetiknya!

sumber:
tumbuhan australia blog

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar

Beri komentarnya yahh..;)

Free Flower Cursors at www.totallyfreecursors.com